agama (128) aneh (291) Fakta (587) kesehatan (97) lucu (72) tips (124) unik (210)

Berikut Tips Membeli Rumah KPR Agar Tidak Tertipu

Diposkan oleh Unknown


Kebutuhan rumah untuk keluarga di Indonesia tahun depan diperkirakan mencapai angka lebih dari 15 juta unit.Untuk itu, diperlukan program pembangunan perumahan dan kawasan permukiman yang memadai agar kebutuhan tersebut bisa terpenuhi dengan baik.Namun demikian, sebagian orang ada yang menyesal setelah membeli rumah. Mereka kurang cermat dan tidak hati-hati dalam proses transaksi maupun memilih rumah.

Seperti dikutip dari rumah.com Secara umum, ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan pembeli rumah. Bagi Anda yang ingin membeli rumah, ada baiknya Anda menghindari lima kesalahan berikut,

Tidak mengamati lingkungan sekitar


Hindari mengambil keputusan terburu-buru. Meski rumah tersebut terlihat bagus dan harganya murah, Anda tetap harus melakukan survei lingkungan rumah.Beberapa hal penting yang perlu diketahui adalah, apakah kawasan tersebut rawan banjir, macet, atau rawan kriminalitas?
Untuk mengetahuinya, Anda dapat meninjau lokasi rumah pada waktu-waktu tertentu, misalnya pada hari kerja, akhir pekan, pagi hari, sore atau malam hari. Atau untuk lebih mudahnya, tanyakan hal tersebut pada penduduk sekitar.

Mengambil KPR tenor singkat


Jika Anda berniat membeli rumah untuk tempat tinggal, pilihan cicilan KPR (kredit pemilikan rumah) tersingkat bukanlah hal yang tepat. Akan lebih baik bila Anda mengambil periode yang cukup lama, sehingga Anda bisa mengatur keuangan untuk hal-hal lain yang juga penting, misalnya untuk biaya sekolah anak, membeli mobil, merenovasi rumah, dan sebagainya.

Baca juga :
Agar lebih menghemat uang, Anda bisa saja memilih KPR yang menawarkan uang muka rendah, sehingga uang bisa dialokasikan untuk kebutuhan lain.Untuk melihat kemampuan membayar KPR, Anda dapat menghitung pengeluaran tetap bulanan, dan sisa uang bulanan tersebut adalah besaran kemampuan Anda membayar cicilan KPR.


Lupa biaya tersembunyi


Merdeka.com - Banyak orang yang lupa saat membeli rumah ada beberapa pengeluaran lain yang harus di keluarkan, seperti bea materai, biaya aplikasi, biaya legal, dan beberapa pajak lain.

Untuk itu, hitung dengan cermat seluruh pengeluaran untuk membeli rumah, dan sesuaikan dengan kondisi keuangan. Anda dapat menanyakan kepada agen properti atau pengembang untuk mengetahui biaya-biaya tambahan tersebut.

Percaya perjanjian lisan


Proses jual-beli rumah adalah transaksi besar di bawah payung hukum. Jadi, jangan sekali-kali percaya dengan janji yang diberikan penjual secara lisan. Semua harus tertulis dan ditandatangani kedua belah pihak, jika perlu dibubuhkan materai.

Meskipun perjanjian seputar hal-hal kecil, seperti pemilik rumah akan memberikan sofa atau peralatan dapur sebagai bonus, sebaiknya hal tersebut juga dituliskan dalam akta jual-beli.Anda juga dapat meminta penjual rumah menulis semua hal yang diberikan bersama rumah dan tanda tangani bersama. Jika Anda menganggap hal itu tidak terlalu penting, Anda bisa merekam seluruh pembicaraan yang berisi perjanjian tersebut.

Tidak diasuransikan

Asuransi properti memang tampak sepele, tapi baru terlihat manfaatnya bila rumah Anda kebakaran atau hancur akibat bencana alam. Asuransi properti memiliki banyak manfaat, antara lain mengganti kerugian akibat rumah terbakar, tersambar petir, banjir, pencurian, dan sebagainya.

Jika Anda tidak mau repot-repot membeli asuransi rumah secara terpisah, belilah rumah melalui fasilitas KPR yang juga memberikan asuransi.Semoga buat kamu yang mau membeli rumah KPR sebaik nya membantu dengan artikel ini,,dan jangan lupa baca juga artikel dibawah ini :

Dan artikel ini bisa kamu temui di :
tip beli rumah kpr,tips membeli rumah kpr agar tidak tertipu,tips membeli rumah kpr btn,tip membeli rumah kpr,tips beli rumah dengan kpr,tips beli rumah tanpa kpr,tips beli rumah bekas kpr,tips beli rumah second kpr


follow Fans FB KEKANDANG .:. KLIK DISINI.:.
Follow twitter KEKANDANG .:.KLIK DISINI.:.

susan merah -
KEKANDANG Updated at : 1:04:00 AM

{ 1 komentar... or add one}


Unknown said...

Sangat bermanfaat infonya gan...Untuk mengetahui informasi seputar kredit pemilikan rumah (KPR), silahkan kunjungi

http://www.infotentangbank.com/2016/03/tentang-kredit-pemilikan-rumah-kpr.html

terima kasih

Post a Comment

ARTIKEL TERBARU